Views: 887
0 0

Rayakan Hari Musik Nasional, DKKP dan FPK Jawa Timur Gelar Parade Kroncong

Redaksi Otoritas
Views: 888
0 0
Read Time:2 Minute, 9 Second

Otoritas.co.id – Parade Keroncong bertajuk Keroncong On The Mountain Vol. 7 – 2023 digelar Dewan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan (DKKP) bersama Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jawa Timur di K Galery Hotel Pandaan Pasuruan, Minggu 12 Maret 2023.

Acara yang diikuti 4 group yaitu OK Ngoplos TV Sidoarjo, OK Sekar Kinanthi Malang, OK Senandung Swara Sidorejo Malang dan Dongkrek Condro Budoyo Madiun didukung juga oleh komunitas Perempuan Bersanggul Nusantara (PBN) dan Warga Usia Lanjut (Wulan) dihadiri pejabat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan serta Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) IX Jawa Timur tampak juga Ketua FPK Jawa Timur.

Lukas Cahyabuana, ketua DKKP menjelaskan jika acara kali ini adalah gelaran ke 7 meski sudah tergelar selama 9 tahun mengingat tahun 2018 dan 2022 tidak tergelar karena berbarengan dengan Pilkada dan PPKM.

Lebih jauh Lukas mengatakan jika tahun depan perserta akan lebih banyak dan akan lebih meriah, karena bertepatan dengan 10 tahun tergelarnya Keroncong On The Mountain yang pertama kali digelar tahun 2024.

”Pergelaran akbar akan kami gelar tahun depan bertepatan dengan satu dasa warsa kegiatan pergelaran keroncong ini” ungkap auditor perhotelan ini.

Sementar itu, Ustadi, kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan mengatakan jika kegiatan ini harus terus digelar dan harus lebih baik dari tahun ke tahun, dan pihaknya akan mendukung semua upaya para seniman dalam melakukan upaya pelestarian dan Pemajuan Kebudayaan, salah satunya Pemajuan musik keroncong.

“Kami akan selalu mendukung apapun yang dilakukan para seniman untuk menjaga kelestarian seni budaya di Kabupaten Pasuruan, dan saya berharap tahun depan akan lebih baik demi menjaga kelestarian budaya bangsa” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ki Bagong Sabdo Sinukarto ketua FPK Jatim memaparkan jika upaya pelestarian Musik Keroncong tidak hanya berhenti pada Keroncong On The Mountain yang digelar di Hotel maupun tempat wisata, namun akan juga digelar di Situs bersejarah bahkan Candi yang ada di Jawa Timur dengan nama Keroncong On The Site.

“Yang sudah tergelar saat ini adalah gabungan antara Pergelaran Musik dan promosi pariwisata, kedepan akan kami kombinasi dengan pengenalan cagar budaya atau situs bersejarah” ujarnya.

Menanggapi apa yang disampaikan Bagong, Anton Hariyanto pejabat Balai Pelestarian Kebudayaan (dahulu BPCB) Wilayah XI Jawa Timur , sangat mendukung apa yang telah dikonsep FPK, pihaknya akan mengakomodir inisiatif tersebut.

“Kami sangat setuju dengan apa yang diprogram oleh FPK yakni pergelaran Keroncong di situs maupun candi, namun tetap dengan ketentuan yang berlaku, misal tetap menjaga keamanan candi, jangan sampai rusak karena ulah penonton maupun getaran dari volume sound sistem” ungkap pejabat yang baru beberapa bulan berdinas di Jawa Timur.

Dalam acara tersebut, dibagikan piagam untuk para pendukung acara dan juga ada cinderamata dari group Dongkrek untuk pejabat yang hadir.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gencar Memperkenalkan Olahraga Roundnet, PB PORSI Rencanakan Gelar Mabar Roundnet Ngabuburit

Jakarta, otoritas.co.id – Menjadi olahraga baru di Indonesia yang belakangan ini memiliki trend ketertarikan positif, Roundnet menjadi salah satu pilihan olahraga populer baru dikalangan masyarakat. Khusus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H, jajaran Pengurus Besar (PB) Olahraga Roundnet Indonesia (PORSI) mulai menggaungkan program Mabar (main bareng-red) Roundnet saat ngabuburit […]

Subscribe US Now