Views: 591
1 0

Melalui Pesantren Kilat, SMPN 03 Citereup Bentuk Pelajar yang Berwawasan Luas, Berakhlakul karimah dan Bertaqwa kepada Allah SWT

Redaksi Otoritas
Views: 592
1 0
Read Time:4 Minute, 9 Second

Bogor, otoritas.co.id – Metode sekolah menjadi informasi penting yang perlu diketahui. Selain itu ini merupakan suatu hal yang harus dipahami oleh para generasi penerus bangsa demi meraih masa depan yang cemerlang dan bisa membuat bangga.(30/03/2023)

Sesuai dengan jadwal perdua hari belajar, perdua hari sanlat, contoh hari Senin dan Selasa kelas 7 belajar maka kelas 8 Senin selasa Sanlat.

Sanlat dilaksanakan Dari hari Senin 27/03/2023 sampai dengan 30/03/2023 dan 03 – 04 April 2023. ujarnya

Dalam bersekolah kita tidak hanya akan mendapatkan kepintaran serta pengetahuan, namun juga akan mendapatkan beberapa hal. Mulai dari ilmu, teman, relasi, melatih komunikasi bersama dengan orang lain dan masih banyak lagi.

Untuk itu sekolah merupakan media yang dapat dikatakan sebagai pembentuk jati diri seseorang. Karena di sekolah kita akan belajar mengenai banyak hal bersama dengan tenaga pendidik atau pengajar yang biasa disebut dengan guru.

Terkait hal tersebut, tak ada salahnya apabila kita memahami apa sebenarnya tujuan-tujuan dari sekolah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tujuan sekolah yang perlu diketahui.

Menambah Ilmu Pengetahuan, Tempat Mencari Jati Diri, Mengasah Kemampuan, Tambah Banyak Teman dan Perluas Relasi, Nikmati Adanya Persaingan dan Persahabatan, Jadi Tempat Peroleh Kebanggaan(30/03/2023)

Al-Qur’an dan al-Hadits sebagai pedoman hidup umat Islam yang menjelaskan baik buruknya suatu perbuatan manusia, sekaligus menjadi pola hidup dalam menetapkan mana yang baik dan mana yang buruk. Akhlak adalah suatu sifat yang tertanam dalam diri manusia dan bisa bernilai baik atau bernilai buruk. Manusia akan menjadi sempurna jika mempunyai akhlak terpuji serta menjauhkan segala akhlak tercela

Ketinggian budi pekerti atau dalam bahasa Arab disebut akhlakul karimah yang terdapat pada seseorang yang menjadi seseorang itu dapat melaksanakan kewajiban dengan baik dan sempurna, sehingga menjadikan seseorang itu dapat hidup bahagia. Sebaliknya apabila manusia buruk akhlaknya, kasar tabiatnya, buruk prasangkanya terhadap orang lain, maka itu sebagai pertanda bahwa orang itu akan hidup resah sepanjang hayatnya.
Pengertian akhlakul karimah

Secara etimologis akhlaq berasal dari kata Al-Huluq, akhlaq yang berarti tabiat, budi pekerti, kebiasaan. Secara istilah akhlaq berarti sesuatu yang melekat pada jiwa manusia yang daripadanyalah lahir perbuatan-perbuatan yang mudah tanpa melalui proses pemikiran pertimbangan atau penelitian. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata akhlak diartikan sebagai budi pekerti atau kelakuan.

Akhlakul Karimah adalah Akhlak yang baik dan terpuji yaitu suatu aturan atau norma yang mengatur hubungan antar sesama manusia dengan tuhan dan alam semesta. Akhlak mahmudah (akhlak terpuji) atau disebut pula dengan akhlak al karimah (akhlak yang mulia).

Jenis Akhlakul Karimah
Husnudzhan hablumminallah wahablumminannas ( Hubungan Baik Kepada Alloh Dan Hubungan Baik Sesama Manusia )

Qana’ah yaitu menerima segala pemberian Allah SWT.

Ikhlas yaitu melaksanak sesuatu perbuatan yang baik hanya karena Alllah SWT.

Sabar yaitu menerima pemberian dari Allah baik berupa nikmat maupun berupa cobaan.

Istiqomah yaitu teguh pendirian terhadap keyakinannya.

Tasammuh yaiitu memiliki sifat tenggang rasa, lapang dada, dan memiliki sifat toleransi.

Ikhtiar yaitu berusaha atau kerja keras untuk mencapai tujuan.

Berdoa yaitu memohon kepada Allah.

Selain itu, dalam QS. Al-Baqarah/2: 177:

لَّيْسَ ٱلْبِرَّ أَن تُوَلُّوا۟ وُجُوهَكُمْ قِبَلَ ٱلْمَشْرِقِ وَٱلْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ ٱلْبِرَّ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةِ وَٱلْكِتَٰبِ وَٱلنَّبِيِّۦنَ وَءَاتَى ٱلْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِۦ ذَوِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينَ وَٱبْنَ ٱلسَّبِيلِ وَٱلسَّآئِلِينَ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَٱلْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَٰهَدُوا۟ ۖ وَٱلصَّٰبِرِينَ فِى ٱلْبَأْسَآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَحِينَ ٱلْبَأْسِ ۗ أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ صَدَقُوا۟ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُتَّقُونَ

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa”.

Di penghujung acara akan di adakan berbagi zakat dari setiap murid untuk yatim piatu, fakir miskin dan masyarakat yang kurang mampu di sekitar lingkungan sekolah, yang sebagaimana menanamkan Akhlakul karimah dan Budi pekerti lebih baik.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Akademi RQ IT Depok Lantik 23 Mahasantri Matan Sanadisasi Tuhfathul Athfal Ke I

Depok, otoritas.co.id – Yayasan Bina Ilmu Quran Indonesia (BIQI) atau Rumah Quran (RQ) IT dalam Program Studi Pendidikan Guru Quran melaksanakan acara wisuda “Matan Sanadisasi Tuhfatul Athfal Wal Ghilman Fii Tajwidil Quran” kepada 23 orang Mahasantri penghapal Al Quran, bertempat di Kampus RQ IT Jl.Raya Bogor, Cilangkap Tapos, Depok Jawa […]

Subscribe US Now