Views: 1902
0 0

Inspektorat Segera Audit, Dugaan Masalah Penggunaan Dana Bumdes di Sukabumi

Andi Andi
Views: 1903
0 0
Read Time:2 Minute, 0 Second

Sukabumi, otoritas.co.id – Pengelolaan Dana penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Desa Mekarjaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi,Jawa Barat , Diduga bermasalah.

Penilaian tersebut ditegaskan oleh ketua karang taruna Desa Mekarjaya Kecamatan Caringin di depan kantor Desa setempat, senin (09/01/2023)

Ketua karang taruna meminta penjelasan tentang pengelolaan dana Bumdes, serta meminta Inspektorat Kabupaten Sukabumi melakukan audit secara khusus dana penyertaan modal dan pengelolaan Bumdes tersebut.

Terutama pada tahun anggaran 20022 . Selain itu, meminta Kepala Desa dan Pengurus Bumdes untuk mempertanggung jawabkan anggaran negara tersebut dihadapan masyarakat setempat.

“Sebagai bentuk kekecewaan atas kinerja Kepala Desa dan Bumdes, untuk itu minta Inspektorat agar segera melakukan pemeriksaan khusus tentang penggunaan dana Bumdes dan pengelolaan anggaran desa,” tegas Mulyadi .

Dia berujar, pengelolaan dana usaha Bumdes Mekarjaya dengan penyertaan modal Rp 35 juta rupiah per tahun itu terkesan hanya menghabiskan anggaran semata. Lebih-lebih, Bumdes Mekarjaya sama sekali tidak memiliki jenis usaha yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Ditengah kondisi Bumdes yang sedang bermasalah, Kades harusnya tanggap dengan segera melakukan evaluasi kondisi Bumdes, kemudian menentukan langkah-langkah kongkrit untuk kemajuan Bumdes kedepannya,” terangnya.

Saat di konfirmasi Ari Yudistira sebagai sekretaris Bumdes Mekarjaya melalui pesan WhatsApp “Saya dari awal pengajuan tidak menyaksikan,terus pengambilan uang ke bank nya tidak menyaksikan,terus ketua ngambil uang dari kas bumdes di bendahara tidak di ajak diskusi ,terus masalah usaha juga tidak di ikut sertakan,jadi bingung kalau begitu. (mengatakan Dari awal pengajuan ari teu nyaksian kang, terus pengambilan uang ka bank na teu nyaksian kang, teras anjeun na ngambil uang ti kas bumdes ti bendahara teu di badamian sareng teu kempel ngobrol hela kang, teras usaha na tidak di ikut sertakan kang. Janteun bingung upami kitumah kang),” ujarnya

Sementara Ketua Bumdes Desa Mekarjaya saat di konfirmasi melalui sambungan telepon seluler serta telah dikirim pesan WhatsApp , namun tidak ada tanggapan.

Saat di konfirmasi awak media kepada kepala desa mekarjaya Senin (09/01/2023) mengenai keuangan Bumdes menyatakan bahwa ketua Bumdes sangat susah untuk di minta LPJ nya dan susah untuk di jumpai

“Ketua Bumdes sangat susah memberikan LPJ nya hanya menjanjikan saja sampai sekarang tidak ada buktinya, bukan hanya itu no TLP nya juga sudah tidak aktif sehingga susah untuk di hubungi.” Terangnya.

Disamping itu kades juga mengatakan bahwa apabila dari pihak bumdes tidak ada pertanggung jawaban nya maka akan ada tindak lanjut hukum yang memang harus di tempuh.pungkasnya

Oban sobandi

Happy
Happy
50 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
50 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dinas Kependudukan Kabupaten Sukabumi permudah dalam penerbitan data nik ganda

Sukabumi, otoritas.co.id – NIK merupakan Nomor Induk Kependudukan yang bersifat unik dan khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 Pasal 36 menyebutkan bahwa Pengaturan NIK meliputi penetapan digit NIK, penerbitan NIK dan pencantuman NIK ditetapkan secara nasional oleh Menteri […]

You May Like

Subscribe US Now