Views: 359
0 0

HIMDIGESINDO Siap Bantu Pemerintah Dorong Percepatan Digitalisasi Industri Pedesaan

Redaksi Otoritas
Views: 360
0 0
Read Time:1 Minute, 54 Second

Jakarta, otoritas.co.id – Digitalisasi Industri Pedesaan adalah sebuah langkah dalam mengakselerasi pengembangan Industri Pedesaan di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital. Program Digitalisasi UMKM selama ini belum menyeluruh terutama di perdesaan yang berada di plosok daerah.

Pemanfaatan teknologi digital menuju desa modern yang dapat mengubah cara orang-orang berbisnis di desa dengan menggunakan Internet dan menjadikan digital marketing sebagai trend akses pemasaran yang cepat yang semakin menggiatkan perekonomian pedesaan karena penting bagi desa dalam mengelola komoditi yang dimiliki, dan mengelola jalur distribusi komoditi.

Himpunan Digitalisasi Industri Pedesaan Indonesia (Himdigesindo) adalah wadah atau organisasi yang sebagai usaha untuk mengembangkan kekuatan atau kemampuan (daya) potensi dalam proses penyadaran masyarakat yang dilakukan secara transformatif, partisipatif, dan berkesinambungan melalui peningkatan kemampuan digital yang akan membantu pemerintah dalam mendorong percepatan Pemberdayaan digitalisasi industri di Perdesaan.

“Selama ini belum merata dikarenakan ada beberapa kendala dan lebih banyak berfokus di kota,” terang Jurika Fratiwi S.E.M.M selaku Ketum Himdigesindo pada acara pelatihan  digitalisasi Industri untuk membuat promosi dengan menggunakan program Canva di Aula Yayasan Karya Bhakti Pembangunan, Jakarta Timur  yang terselenggara atas kolaborasi Yayasan dan Pemdigdes sebagai upaya untuk mengembangkan kekuatan atau kemampuan (daya) potensi akan dilakukan di berbagai perdesaan secara berkelanjutan, Minggu (28/10).

Jurika yang juga menjabat ketua komtap Ikatan Wanita Pengusaha Perempuan Indonesia (IWAPI) mangatakan bahwa pembangunan dapat diimplementasikan secara tepat bila didukung oleh informasi terkini dan peran serta masyarakat, hingga wilayah kecil yang relevan.  “Semua stakeholder pembangunan dan masyarakat membutuhkan informasi yang akurat,  bersumber dari ujung tombak pembangunan yakni masyarakat. maka  kami memandang perlu untuk melakukan pembaruan desa melalui implementasi menjadikan desa digital dan modern, karena penting bagi warga desa untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam hal digitalisasi informasi,” ujarnya

“Melalui Pemberdayaan desa digital umkm diharapkan dapat menciptakan desa pintar yang memanfaatkan teknologi sebagai katalisator pembangunan, pendidikan, peluang bisnis, akses pemasaran, peningkatan dan kesejahteraan seluruh warga pedesaan sehingga terjadi pemerataan Pembangunan walaupun berada di plosok-plosok desa serta membantu UMKM untuk meningkatkan kapasitas produksi dan efisiensi biaya. e-Commerce meliputi penguatan kapasitas dalam pemasaran digital dan pemasaran UMKM ke pasar global melalui platform digital. e-Financing dalam bentuk aplikasi digital bagi UMKM (SI APIK) yang dikeluarkan BI dansarana pembayaran digital untuk memudahkan transaksi UMKM (QRIS UMKM),” kata Jurika yang saat ini masih menjabat sekjen HIPMIKINDO saat menutup kegiatan pelatihan (jf)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Suban KESBANGPOL Jakarta Barat Gelar Rapat Pemantauan Perkembangan Politik Daerah

JAKARTA BARAT, OTORITAS.CO.ID – Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota adm Kota Jakarta Barat mengukuhkan peranannya dalam memastikan kelancaran dan ketertiban politik dalam persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan menggelar Rapat Pemantauan Perkembangan Politik Daerah. Kegiatan ini diselenggarakan di Sekretariat Posko Monitoring Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024, Ruang […]

You May Like

Subscribe US Now