Views: 754
0 0

Hadapi Resesi Global 2023, Diskop UMKM Yogyakarta Adakan Seminar Hybrid

Andi Andi
Views: 755
0 0
Read Time:1 Minute, 48 Second

Yogyakarta, otoritas.co.id | Dalam menghadapi resesi global tahun 2023, Dinas Koperasi dan UMKM Yogyakarta bersama BRI Yogyakarta mengadakan Seminar Hybrid bertemakan “Meningkatkan Produktivitas UMKM Dalam Menghadapi Resesi Global Tahun 2023” yang dilaksanakan di Hotel Convention Pasca Sarjana UGM. Senin (21/11/2022).

Acara tersebut di laksanakan sebagai salah satu tindak lanjut acara G 20 yang baru selesai di Bali beberapa pekan lalu dengan narasumber diantaranya dari pengamat Ekonomi dan Pelaku Industri Anto Suroto, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop UMKM) Provinsi Yogyakarta Ir. Srie Nurkyatsiwi M.MMA., dan Vice President Regional Head SME BRI Yogyakarta Eka Ahmad Djatnika.

“Seminar ini dilaksanakan bertujuan agar menjadi salah satu solusi dalam menghadapi Resesi Global 2023 yang akan berdampak daya beli pasar dunia yaitu Krisis Energy, Pangan dan Keuangan,” terang Kadiskop dan UMKM Yogyakarta Ir. Srie Nurkyatsiwi M.MMA

Sementara itu menurut Pengamat dan Pelaku Industri kreatif Anto Suroto mengatakan bahwa kekuatan dan kelemahan UMKM dibandingkan dengan Negara ASEAN yang masih lemah tingkat Produktivitasnya berada pada urutan ke 4 di ASEAN maka di butuhkan secara Fokus lagi UMKM yang 97 % Penyerapan tenaga kerja dan juga PDB sebagai penopang Kekuatan Ekonomi Indonesia.

“Presiden Ir.Joko Widodo selalu memberikan prioritas Program dalam meningkatkan produktivitas di segala line untuk menyelamatkan Resesi Ekonomi Dunia, Energy, Pangan dan Keuangan dapat di selamatkan,” kata Anto.

Selanjutnya Anto memaparkan bahwa untuk menjadikan landasan kekuatan Ekonomi Indonesia khususnya UMKM, UKM dan IKM yang lebih berkualitas dan berdaya saing diperlukan Peningkatan Produktivitas dan Efisien Daya saing dengan tujuh elemen diantaranya : 1.Prime Target Program (Lintas Kementerian); 2.Maping Akar Masalah dan Solusi Sumber Daya Manusia /Skill lebih Fokus; 3.Kurikulum UMKM Naik kelas Lebih Cepat dan tepat dan Naik kelas; 4.UMKM dengan Target pemasaran melalui Digital dengan Pembangunan Infrastruktur jaringan internet di seluruh plosok desa kuat dan terjangkau; 5.Perbankan sebagai penguat permodalan UMKM Indonesia menjadi Bankable; 6.Flatform program Digitalisasi untuk kredit lebih mudah dan simple dengan on-line; 7.Ketahanan bahan baku dan budaya juga Inovasi dan kreativitas UMKM yang sangat kuat.

“Dari pemaparan seminar ini menghasilkan kesimpulan untuk kekuatan landasan ekonomi Indonesia khususnya di UMKM, UKM dan IKM perlu ditingkatkan produktivitas dan efesien daya saing,” ujar Anto.

(Andi)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolres Metro Jakarta Utara Bersilahturahmi Dengan Ketua FBR Jakarta Utara

Jakarta Utara, otoritas.co.id – Kunjungan Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol. Wibowo, S.Ik, M.Hum Dengan Ketua FBR Jakarta Utara Ibu Hj. Yusriah Dzinun, S.Pdi di Kediaman Ketua FBR Jakarta Utara, Jl. Tipar Cakung, Rt/Rw 01/01 Kel. Sukapura, Cilincing Jakarta Utara. Selasa, (22/11/2022). Kunjungan ini dalam rangka Silaturahmi Kapolrestro Jakarta Utara […]

You May Like

Subscribe US Now