Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » Rekapan Hasil pemilu Prov malut telah Usai. Bawaslu Malut Siap Proses Tiga KPUD Kab/Kota “Halbar,Halteng Dan Morotai”

Rekapan Hasil pemilu Prov malut telah Usai. Bawaslu Malut Siap Proses Tiga KPUD Kab/Kota “Halbar,Halteng Dan Morotai”

(427 Views) May 12, 2019 5:09 am | Published by | No comment

Ketua Bawalu Maluku Utara Amrin Muksin

Otoritas, Ternate – Rekapan hasil pemilu di tingkat provinsi Maluku Uatar (Malut) tahun 2019 yang bertempat di Hotel ‘Dafam’ telah usai pada 11 Mei dan berjalan aman dan kondusif.

Pemilu tahun ini 2019 berjalan dengan baik, dibandingakan pemilu tahun 2014 lalu, rekapan hasil pemilu kali ini berjalan lancar dan kondusif, tapi masi menyisahkan beberpa temuan yang di lakukan oleh KPUD di tiga Kabupaten Kota. Ucap Ketua Bawalu Maluku Utara Amrin Muksin. Sabtu (11/05/19)

“Alhamdullilah sat ini kita sudah selesai melakukan Proses rekap di tingkat provinsi, prinsipnya penilaian bawaslu “pemilu Maluku Utara kali in berjalan dengan baik, dibandingkan pemilu tahun 2014, kita masi ingat bertul bahwa proses rekap pada tahun 2014 di level provinsi itu di hotel yang sama berjalan kurang lebi 14 hari, tapi kali ini Kita mnyelesaikan 4 hari sehingga menurut kami proses yang cukup akuntabel, dan terbuka bagi siapa sja, Walaupun dalam rekap itu terdapat beberapa dokumen yang menurut kami dianggap disalahgunakan oleh penyelenggra di tingkat bawa, Yakni KPU Halmahera Barat (Halbar), KPU Morotai Dan KPU Hamahera tengah (Halteng). Jelas Muksin Amrin

Lanjutnya, Hanya tiga KPU Kab Kota saja, Yang ada double formulir berita acara, sehingga kami suda pleno di tingkat pimpinan untuk menyatakan sikap bahwa proses penanganan pelanggaran bawaslu akan jalankan proses untuk mengusut “terkait dengan perubahan berita acara DB-1 yang di lakukan oleh KPUD Halbar, maupun KPUD halteng yang menetapkan hasil perolehan suara DA-1 yang Palsu, kemudian untuk KOUD Kab Morotai ada maslah pengelambungan suara di internal partai yang secara sengaja di tetapkan Oleh KPU Morotai,

Lanjut , Maslah ini kami akan usut walaupun secara administrasi telah selesai” Setelah hasil pleno ini di tetapkan, maka  selanjutnya untuk hasil masala pemilu itu bukan kewenanagan bawaslu, itu kewenangan Mahkama konstitusi (MK) , MK yang akan buka pendaftaran tgl 23-25 mei terkait pendaftaran pelanggaran, Kami bawaslu hanya proses penanganan pelanggaran administrasi.

Terkait pelanggaran yang masuk sampai saat ini kebannyakan Masalah hasil, krena bawaslu mendapatkan laporan yang banyak itu dari Cakeg DPRD Kabupaten yang melapor dan itu terkait dengan hasil, 
Dan kami serahkan kepada mereka untuk laporkan ke MK, krena itu jalan tempuh yang terbaik. Jelasnya

Lanjut Amrin, selain dari itu Terkait pelanggaran pemilu yang di laporkan oleh partai di kab kota tapi tidak di tindaklanjuti terkait proses penanganan pelanggaran, ” itu kan punya mekanisme waktu bukan soal tidak ditindaklanjuti tapi tergantung sarat formil dan materil dlu,”

Yang kami pantau di beberapa kab/ Kota kebanyakan laporan itu hanya sebatas informasi tapi tidak dibuktikan dengan dokumen yang konkrit, sehingga itu tidak bisa di tindaklanjuti oleh bawaslu Kab Kota, kalau ada dokumen dukungan,” ya tetap sja akan di proses, tapi yang terjadi kan mereka hanya datang melapor persislisihan angka Tapi hanya dengan rekap catatan tidak dengan dokumen yang konkrit, makanya tidak mudah harus di proses, jika proses harus di dukung oleh sarat formil dan materil harus terpenuhi baru bisa di proses. Tutup Muksin Amrin Selaku Ketua Bawaslu Malut. (ADB)

Categorised in:

No comment for Rekapan Hasil pemilu Prov malut telah Usai. Bawaslu Malut Siap Proses Tiga KPUD Kab/Kota “Halbar,Halteng Dan Morotai”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *