Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » Jaga Performa Mobil Sesuai Karakter Mobil Anda

Jaga Performa Mobil Sesuai Karakter Mobil Anda

(198 Views) May 29, 2019 4:31 am | Published by | No comment

Otoritas, Jakarta – Untuk menjaga performa mobil agar tetap stabil, tentu kalian harus tahu oli mobil terbaik yang sesuai dengan karakter mobil yang kalian miliki. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali beberapa merk oli mobil yang dijual di pasaran.

Namun, mungkin sebagian konsumen masih ada yang belum tahu beberapa oli mesin mobil terbaik yang bisa kalian jadikan pilihan dan sesuai dengan spesifikasi mobil untuk membuat mesin menjadi lebih terawat dan awet. Pasalnya, sebagai pelumas mesin pastinya oli berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mesin yang diusung pada sebuah mobil akan sangat berpengaruh pada performa maupun ketahanan mesinnya. 


Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai beberapa oli mobil terbaik pun tampaknya menjadi hal yang mutlak kalian ketahui. Lantas, kira-kira apa saja sih oli terbaik dan bisa dijadikan pilihan sebagai pelumas mesin buat mobil kalian ? Semakin penasaran ? Jangan khawatir, kali ini kita akan membahas beberapa oli mobil terbaik dan berkualitas. Rabu ( 29/5/2019)


Setidaknya ada dua kode International yang wajib diketahui pemilik mobil tentang oli mesin, yakni angka kekentalan yang ditandai SAE (Sociaty of Automotive Engineers) dan kegunaan berdasarkan API (American Petrolium Institute).SAE adalah badan internasional yang indeks kekentalannya dipakai internasional. Untuk oli mesin kendaraan pada umumnya, angka indeks kekentalan itu biasanya diikuti huruf W (winter/musim dingin) yang berarti penggunaan sampai – 20 °C. Misalnya, SAE 5 W, SAE 10 W, atau SAE 20 W.


Menurut Suwanto selaku Market Leader dari perusahaan PT.Aman Pelumas Nusantara kekentalan adalah besarnya tahanan dari suatu pengaliran minyak pelumas melalui aliran tertentu. Jika indeks SAE kecil berarti oli semakin encer. Artinya, kemungkinan oli untuk mengeras pada suhu rendah semakin kecil, hal ini berguna saat mesin mobil dinyalakan pada suhu dingin.


Oli tidak hanya harus sigap saat dinyalakan pada masa suhu dingin, tetapi juga wajib optimal saat mesin bekerja. Maka dari itu, oli yang biasa digunakan yaitu multigrade, artinya kekentalan menyesuaikan pada rentang temperatur tertentu. Penandaan ini diikuti angka indeks setelah huruf W, misalnya SAE 5 W-20,  SAE 10 W–40, atau SAE 20 W–40.Bila angka setelah huruf W membesar berarti semakin kecil kemungkinannya menjadi kurus pada suhu panas.


Mesin bensin dan diesel punya kode API yang berbeda. Pada mesin bensin kodenya dimulai dengan huruf “S”, sedangkan diesel “C”.


Biasanya pada mesin bensin, kode oli yang tertera SA, SB, SC, SD, SE, atau SF. Semakin besar menurut abjad huruf kedua berarti digunakan untuk mesin yang bekerja lebih berat (modern).


Klasifikasi API untuk mesin bensin SA = Minyak murni tanpa bahan tambahan (aditif).SB = Digunakan untuk mesin operasi ringan yang sedikit anti oxidant.SC = Oli yang mengandung detergen, dispersant, anti oxidant.SD = Digunakan untuk mesin beroperasi dengan temperatur tinggi, mengandung resisting agent, anti oxidant, dan lain-lain.SE = Digunakan untuk mesin beroperasi sedang dengan mengandung resisting agent dan anti oxidant yang lebih banyak.SF = Tingkat aliran tinggi dengan pemakaisn daya tahan (resistance) tinggi.
Klasifikasi API untuk mesin diesel:CA =Digunakan untuk mesin diesel operasi ringan.CB = Digunakan untuk mesin diesel operasi sedang.CC = Digunakan untuk mesin diesel yang menggunakan turbocharger dengan operasi temperatur sedang.CD = Digunakan untuk mesin diesel yang menggunakan turbocharger dengan kandungan sulfur sedikit.


Saat ini sudah banyak produsen oli yang membuat oli “kode ganda” yang artinya bisa digunakan untuk mesin bensin dan diesel.


Memang, memilih oli mobil terbaik untuk tunggangan menjadi hal sederhana namun sangat penting. Sebab, meski banyak merk oli yang dijual di pasaran namun tak sembarang oli bisa kalian jadikan sebagai pelumas mesin untuk mobil. Bukan tanpa alasan mengingat jika oli yang kalian pilih tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, dipastikan akan membuat performanya down dan keawetannya tak bisa bertahan lama.


 Tak hanya itu saja, cara memilih oli yang baik dan benar pun juga wajib diketahui. Dimana, dalam memilih oli mobil terbaik ini biasanya bisa dilihat dari beberapa perbedaan mendasar antara oli mobil yang bagus dan oli mobil standar. Perbedaan tersebut, umumnya terletak pada tingkat kekentalan oli tersebut atau yang biasa kita sebut dengan SAE (Society Of Automotive Engineer). 


Dimana pelumas yang memiliki tingkat kekentalan tinggi atau merek oli mobil terbaik pastinya bakal mampu bekerja secara lebih efisien dan optimal sehingga akan membuat mesin mobil ini menjadi lebih awet. Di sisi lain, meski memiliki fungsi yang sama namun perlu diketahui juga bahwa setiap jenis maupun tipe oli memang memiliki kualitas yang berbeda antara satu tipe dengan tipe yang lain, biasanya tergantung dengan merek.


Memilih oli mobil terbaik memang tidaklah mudah, beberapa pemilik mobil akhirnya memilih oli dengan kualitas standar dari pabrikan. Namun jika kita mempertimbangkan dari 2 segi yang berbeda , yaitu dari segi kualitas dan segi harga, oli APN Series bisa menjadi pilihan oli terbaik untuk mobil kamu.


Pertama kita lihat dari segi kualitas, pelumas APN menggunakan 100% sintetik sebagai bahan dasarnya, sehingga sangat stabil dan lebih tahan pada temperatur tinggi. Hal inilah yang membuat pelumas APN memiliki masa pakai yang lebih lama. Hal inilah yang membuat pelumas APN mampu melindungi mesin hingga ke celah tersempit sekalipun dan mampu melindungi pada situasi jalanan tak menentu dan kemacetan.pelumas APN dengan segala keunggulan yang dimiliki dan harga yang terjangkau, inilah yang membuat pelumas APN  menjadi pilihan oli mobil terbaik bagi semua konsumen.


Red Ah

Categorised in:

No comment for Jaga Performa Mobil Sesuai Karakter Mobil Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *